ES KRIM COKLAT CHOCO BABA

Karena si bocah gemaaar bgt makan es cream, tiap hari jatah es krim beeuuh  dompet bunda yang lagi sekolah bisa jebol. Iya kalo seharga padle pop, kadang minta magnum, cornetto.. beeuuh tiap hari yaa lumayan…

Akhirnya memberanikan diri bikin es krim beneran, setelah percobaan bikin es krim berbahan dasar pisang, yang katanya lembut, cukup berhasil siii.. tapiii ternyata masih kerasa banget rasa pisangnya..hiihih   *yaeyaalaahh*.

Jadi aku namain es krim coklat coco baba, karena bikinnya choco baba alias coba coba 😀

Di kota malang yang cukup panas akhir2 ini, jadi sering bikin minuman dingin. Meski yang gampang2 gitu. Misal es nutrisari dibekukan, tapi pertanyaannya kenapa masi kerasa “es batu “ kurang empuk gigitannya.. jadi masih pe-er buat bikin es lilin..

Okeee… ini dia resepnyaa… TARAAAAAAA ES KRIM COKLAT (rasa mirip padle pop coklat, tapi lebih lembut)

BAHAN 1 :

250 cc susu full cream UHT (sepertinya pake susu bubuk putih yang diencerkan bisa juga)

1 telur utuh kocok lepas

2 sdm maizena

BAHAN 2

1 plastik 250 cc susu kental manis coklat+ 1 sachet kecil SKM putih  (yang ada di rumah itu, dipake aja)

1 sdm SP

1 kaleng air matang bekas SKM

¼ sdt garam

CARA MEMBUAT :

  1. Campurkan bahan 1, masak dalam api kecil sambil diaduk terus smpai mengental dan meletup letup. Konsistensi mirip bubur gitulah. Angkat dinginkan
  2. Sambil menunggu dingin, siapkan bahan 2, campurkan pada wadah, kemudian campurkan juga bahan 1 tadi. Kocok menggunakan mixer kecepatan tinggi. Setelah kenatl berjejak, matikan mixer
  3. Simpan ke dalam freezer selama kurang lebih 2 jam, yaaa ditinggal bobo siang, trus mixer lagi kurang lebih 10 menit atau mengembang dua kali lipatnya.
  4. Setelah itu bisa dikasih potongan biskuit, choco chips, coklat leleh, oreo, potongan buah
  5. Masukkan Freezer lagi.

Kalo menurutku si… es krim ini uenaak, lembut, yaaa udah bisa dibilang sukses. Cuma rasa coklatnya kurang, karena aku pake SKM coklat..

mtf_wCNXo_176

Sepertinya kalo ada kesempatan lagi, aku akan menggunakan resep berikut sebagai bahan 2 nya :

1 kaleng SKM putih

3  sdm Coklat bubuk (cocoa powder)

1 sdt SP

¼ garam

1 kaleng air matang bekas SKM

AtAU BIKIN YANG VANILA

1 kaleng SKM putih

1 sdt SP

¼ garam

1 kaleng air matang bekas SKM

1  sdt vanili atau essens suka suka kamu

SOP IGA BUNDA

Sahur kali ini bikin menu yang anget anget… sambil goreng kerupuk plus kering kentang yang udah siap…

kaldu udah dibikin, tumis bumbu halus jg udah masuk, sambil keriyep keriyep ni mata, tinggal nyemplungin irisan wortel dan dedaunan aja… tadaaaaaaaaaaaaaa sop iga bunda 🙂

BAHAN :

  • Iga Sapi 500 gram, rebus sampe empuk
  • wortel, potong bulat
  • daun bawang dan sledri 2 batang, iris
  • irisan bawang merah 2 sdm, goreng
  • cengkih 5 buah
  • kayu manis 1 cm

BUMBU HALUS

  • Bawang putih 6 siung
  • bawang merah 7 butir
  • lada 1 sdt
  • garam 1 sdt
  • gula pasir 1/2 sdt

CARA MEMBUAT

  1. Tumis bumbu halus, masukkan cengkih dan kayu manis sampai harum. Angkat, tuang pada rebusan iga sapi
  2. masukkan wortel dan rebus sampai matang
  3. masukkan daun bawang, sledri ddan gula
  4. angkat, taburkan bawang merah goreng
  5. sajikan ^_____^

Image

Bakso Bakar ala Pak Man-Malang

yuhuuuu kali ini di rumah Bintaro lagi kangeeen banget sama bakso bakar pak man Malang… Karena lagi bulan puasa, alhasil coba coba aja dan inget inget rasa bakso bakar pak Man…

untuk membuat bakso bakar ini harus BERANI BUMBU.. karena bakso bakar aslinya itu rasa bawangnya kerasa banget,pedes meski udah minum teh botol, aroma di lidah masih nempel.. Jadi soorr sooorr aja tuh bumbu+botol2 di dapur.. Insya Allah maknyuuuus 😀

Yang pengen nyobain Bakso Bakar Malang, klik disini

Image

Bahan :

10 biji bakso (penthol) sayati dengan pisau (agar bumbu meresap)

Bumbu rendaman –> haluskan: (waktu bikin ini saya kira kira dan pakai takaran ‘feeling’ tanpa sendok)

5 bawang putih

3 bawang merah

1 sdm penuh ketumbar

1 sdt merica

4 sdm kecap manis

3 sdm saus tomat

2 sdm saus sambal

garam secukupnya

cabai rawit (kalo mau pedes)

1/2 bh Cabe merah besar

gula merah secukupnya.

CARA :

Rendam bakso yang sudah disayati, kedalam bumbu yang sudah dihaluskan dan dicampur semua.. diamkan

siapkan alat pembakaran, bakso bisa ditusuki di lidi sate, atau bakar di atas teflon smpe kecoklatan 🙂

PELENGKAP :

Soun –> seduh dengan air panas tiriskan

daun sledri rajang kecil

daun bawang merah rajang

bawang merah goreng

KUAH BAKSO :

bawang merah, bawang putih iris –> goreng

kemiri

garam

Kaldu sapi (saya pake kaldu dari iga) *iganya besok mau di sop–irit* 😛

kaldu cair royco/kaldu bubuk lain sedikit

merica

daun bawang prei rajang

CARA :

haluskan merica+garam+kemiri–> tumis, masukkan ke kaldu sapi. Tambahkan bawang mera+putih goreng+kaldu bubuk/cair, didihkan dan tambahkan daun bawang… Jangan lupa dicicipi ^____^

Image

yippy… puasa hari ini berasa di Malang… Ayah Hendra pun lahaaaap dan bercucuran keringat seperti berada di warung Pak Man 😛

Doggie Koko Cookies

Berawal dari kegandrunganku lihat bentuk kue kering ini yang lucuu disini, aku bersemangat sekali mencoba resep ini. Ini karena si kecil adalah penggemar film Shaun The Sheep, dan salah satu tokohnya adalah si doggy. Berniat menyenangkan hati si kecil, aku pun bersemangat bikin resep. Resep awal, kucoba, dengan ditambah gula dan coklat bubuk. Tapi ternyata hasilnya tidak terlalu enak dilidahku. Konsistensinya rapuh, semi pahit (karena sudah ada Milo+coklat bubuk, dan gula hanya 20 gr) :). Akhirnya ubek ubek resep cookies, dan tadaaaaaa Baking lagiiiii ^____^

rImage

Resep :

100 gram butter

200 gram blueband

325 gram trigu, sangrai dulu

2 kuning telur

25 gram maizena

27 gram susu bubuk fullcream (dancow sachet)

125 gram gula halus

27 gram susu bubuk coklat (saya pake dancow coklat)

koko krunch

meses coklat

chocochips

Cara membuat :

1. Mixer mentega dan gula halus hingga pucat (speed cepat tapi sebentar saja, 2 menitan yaa,), masukkan kunig telur, kocok lagi sebentar, matikan mixer

2. Masukkan bahan kering : terigu, maizana, susu bubuk sedikit sedikit, sambil di aduk. Tuang hingga habis, aduk rata 🙂

3. Adonan siap dibentuk…mau bentuk apa aja, sukaa sukaaa

4. Tata di loyang yang telah dioles mentega, terus dilapisi kertas roti

4. Panggang dalam oven panas 20 menit. Setelah alas kuker, kecoklatan, jangan langsung dipindah, biarkan kira2 5 menit di loyang, baru dipindah di tempat yang bolong2. Kalo sudah dingin betul, baru simpan di tempat yang kedap udara ^^

Image

barisan doggy siap di oven…..

Image

kalo Koko krunchnya banyak yang hancur, dibikin Tarsius gini, lucu juga 🙂

Image

niiih jadinya setelah di oven.. ga terlalu mbleber, hampir mirip barisan sebelum di oven *percobaan pertama, mbleber soalnya*

Hosshh…… 1 resep ini jadi sekitar 115 kepala doggy…lumayaaaaaann. Boleh suka suka deh bentuknya, ditambah bubuk coklat lagi, diuleni lagi juga oke, biar sepertinya bikin banyak kuker getooo, pdhl 1 resep..hihihihi. Dan rasanyaaa….hmmmm enaak, kerasa full creamnya, renyah ga terlalu rapuh..mantaap dah!!!

Image

percobaan doggy pertama..waowwww doggynya suka berjemur dan rapuh >_<

Tapi hati puaass, karena resep yang sebelumnya jadinya seperti di atas…hip hipp huraaayyy….SELAMAAAT MENCOBAAA

doggy nya Shaun the Sheep

Coconut Milk Brownies

ImageImage

BAHAN :

– 4 butir telur
– 150 gr terigu
– 20 gr coklat bubuk * diayak bersama terigu
– 170 gr gula
– 1 sdm SP
– 75 ml santan kental
– 75 ml SKM *aduk jadi satu santan dan SKM sampai larut
– 100 gr DCC lelehkan

Hiasan :
100gr WCC cair
100gr DCC cair
2 piping bag

CARA MEMBUAT :

Siapkan loyang ukuran 22x22x8 cm olesi margarin, sisihkan. Panaskan kukusan dan lapisi dengan serbet tutupnya.
Mixer gula + telur sampai setengah mengembang, tambahkan SP lalu kocok hingga mengembang. Setelah mengembang masukkan selang seling campuran tepung cokbuk dan santan SKM sedikit demi sedikit sampai habis. Terakhir masukkan DCC cair aduk pakai spatula, dengan metode bolak balik (kanan ke kiri, kiri ke kanan) hingga rata. Masukkan ke dalam loyang lalu kukus kurleb 45 menit. Angkat lalu hias dengan DCC dan WCC cair suka suka…….
hasil lembuuut banget…yummy deh, mau di loyang atau pake cup paper oke ajaa ^____^

resep Asli DSI-Nani Saptina, disini