Sistem Imun

Sistem Imun

Kekebalan manusia ada beberapa macam, yaitu

  • (1) INNATE IMMUNITY yaitu kekebalan alami/bawaan;
  • (2) ADAPTIVE IMMUNITY yaitu kekebalan yang didapatkan dengan berjalannya waktu baik dari hasil intervensi maupun karena pernah mengalami infeksi itu sendiri
  • (3) TRANSIENT IMMUNITY, kekebalan ibu yang disalurkan ke janin ketika  masih di dalam kandungan.

Naah INNATE IMMUNITY itu ada yang sifatnya penghalang seperti kulit kita, makanya begitu kulit terluka jadilah itu pintu masuk infeksi; ada juga yang sifatnya membunuh mikroba melalui komponen yang namanya sel fagosit, sel “natural killer” dan “complement system”.

Sel Fagosit

The granulocytes often take the first stand during an infection. They attack any invaders in large numbers, and “eat” until they die

The macrophages (“big eaters”) are slower to respond to invaders than the granulocytes, but they are larger, live longer, and have far greater capacities

The dendritic cells are “eater” cells and devour intruders, like the granulocytes and the macrophages. And like the macrophages, the dendritic cells help with the activation of the rest of the immune system. They are also capable of filtering body fluids to clear them of foreign organisms and particles.

Naah si INNATE IMMUNITY ini sifatnya sepanjang waktu, tetapi sayangnya TIDAK ANTIGEN SPESIFIK dan TIDAK ADA MEMORI. Lalu kan ada yang namanya ADAPTIVE IMMUNITY, naah ADAPTIVE IMMUNITY ini dipicu oleh sel yang namanya limfosit dan produk-produknya, dan limfosit itu bagian dari sel darah putih.

ADAPTIVE IMMUNITY ini beraksi ketika mikroba dan antek-anteknya yaitu para ANTIGEN, mampu menembus masuk pertahanan luar tubuh dan masuk kedalam organ-organ limfoid, dan limfosit itu memberi sinyal untuk ADAPTIVE IMMUNITY beraksi terhadap ANTIGEN yang dia kenali. Naah yang namanya tamu tak diundang, tentunya kan cara mereka berangasan, ada yang bawa golok, celurit, dan teman-temannya… Tentunya si limfosit tidak tinggal diam, punya juga doonk senjata untuk melawan tamu tak diundang, maka diutuslah yang namanya ANTIBODI. Eeng ing eeng… ANTIBODI yang pertama kali diluncurkan itu namanya IgM, spesialis perlawanan untuk serangan fase akut, IgM ini pendekar spesial bertangan 10, mampu meringkus 10 ANTIGEN. Truss pendekar selanjutnya yang diluncurkan jika gerombolan pencoleng masih sanggup bertahan melewati fase akut, maka meluncurlah ANTIBODI yang berikutnya, namanya IgG. Si IgG ini hanya punya 2 tangan, tapi saktinya nggak ketulungan dan mampu meladeni jurus-jurus pencoleng berhari-hari….. Selain itu juga ada pasukan IgA, IgD dan IgE yang mempunyai fungsi dan peran masing-masing.

Limfosit- Sel T dan Sel B

Reseptor di permukaan cocok/pas hanya dengan antigen tertentu (spesifik)

Sistem limfatik di tubuh kita

 

Untuk mengetahui apa itu reseptor, coba bayangin tangan kita yang hanya bisa mengambil barang tertentu. Bayangkan tangan kita hanya dapat mengambil apel. Kita akan menjadi juara dalam lomba mengambil apel-tetapi kita tidak mampu mengambil barang yang lain..

Nah para ANTIBODI itu dalam menjalankan tugasnya melibatkan yang namanya limfosit B dan seringkali membutuhkan bantuan dari sel T.

Oom/Tante sering nonton filem-filem action ndaak? itu yang pada pake FBI dan CIA, nah yang namanya sel T itu fungsinya kurang lebih sebagai informan laah. Ndak usa jauh-jauh filem holiwood, itu dalam filem the Raid, oom Iko Uwais Cs kan langsung maen serbu aja kan ke sarangnya oom Rae Sahetapy. Akibatnya kan banyak kawannya berguguran, termasuk Sersan Jaka si pimpinan regu. Maka dari itu sangat disarankan Oom Iko Uwais Cs menggunakan jasa informan. Naah T sel inilah yang selalu siap sedia memberikan informasi siapa aja pencoleng yang harus dibasmi. Jadi T sel ini juga harus selalu di update, biar catatan informasinya terhadap jenis-jenis pencoleng, begal, bandit ANTIGEN itu tadi bisa diringkus. Caranya bagaimana? Yaa bisa aja sering – sering menerima tamu tak diundang itu tadi, jadinya para ANTIBODI itu bisa latihan perang. Tapi kan capek doonk kalo terus-terusan tempur lawan gerombolan begal. Cara yang mutahir kan dengan menangkap salah satu kawanan bandit, digebukin rame-rame biar mau kasih bocoran, siapa-siapa aja gerombolan bandit ANTIGEN itu tadi, atau kalo terpaksanya anggota bandit yg ditangkap itu mati karena melakukan perlawanan, kan setidaknya dapat informasi. ooh begini toh rupa dan kelengkapan si bandit. Jadinya informasi yang diberikan ke prajurit ANTIBODI akurat. Ndak lucuu kan kalo para pencoleng berangasan itu bawanya bazooka, Oom Iko Cs cuma dilengkapi golok, meskipun tidak ada yang meragukan ketrampilan dan ketangkasan Oom Iko Cs?

illustration

aktivasi Sel T helper oleh sel fagosit. Ketika sel T helper teraktivasi, sel T mulai membelah dan menghasilkan protein yang merangsang sel B dan sel T sebagai sel imun untuk beraksi.

Killer T cell

Sel T punya reseptor yang digunakan untuk mengenali sel sel yang ditemui. Jika sel tsb terinfeksi, akan dibunuh seketika..
Sel yang terinfeksi dapat dikenali karena sinyal kecil dari antigen dapat ditemukan pada permukaan ‘musuh’

B cells

disadur dari berbagai sumber, inspired by gesamun dan para tokoh hebat didalamnya, thx

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s