Would you mind to be mine

yup… sambil ngerasain akral yang dingin, pencet pencet hp buat mbales sms… SMS dikirim dan SMS diterima. Hari itu, 30 Mei 2004, di TVRI lagi acara musik DELTA.. saat itu kamu ungkapkan alasan logis yang memang di pikiranku “aku mau kamu beralasan seperti itu”. Tak banyak kata terucap, karena memang lewat SMS, kita mengukir kisah….
Saat itu lagu ini baru perdana singgah di telingaku, begitu pula video clipnya-di mataku… PAS banget dengan sikon kita. LDR, hape, telepon ~ sesuai dengan videoklip I will Fly-ten2five ini 🙂

* to be with you is all that i need
coz with you my life seems brighter
and these are all the things i wanna say

reff:
i will fly into your arms
and be with you til the end of time
why are you so far away
you know it’s very hard for me
to get myself close to you

beberapa jam setelah acara musik ini selesai, hanya kata “aku berangkat, hati hati menjaga hati”
Jakarta-Malang

Syok Anafilaktik

Syok anafilaktik adalah suatu respons hipersensitivitas yang diperantarai oleh Immunoglobulin E (hipersensitivitas tipe I) yang ditandai dengan curah jantung dan tekanan arteri yang menurun hebat. Hal ini disebabkan oleh adanya suatu reaksi antigen-antibodi yang timbul segera setelah suatu antigen yang sensitif masuk dalam sirkulasi. Syok anafilaktik merupakan salah satu manifestasi klinis dari anafilaksis yang merupakan syok distributif, ditandai oleh adanya hipotensi yang nyata akibat vasodilatasi mendadak pada pembuluh darah dan disertai kolaps pada sirkulasi darah yang dapat menyebabkan terjadinya kematian. Syok anafilaktik merupakan kasus kegawatan, tetapi terlalu sempit untuk menggambarkan anafilaksis secara keseluruhan, karena anafilaksis yang berat dapat terjadi tanpa adanya hipotensi, seperti pada anafilaksis dengan gejala utama obstruksi saluran napas.

 Gejala

Some solutions such as adrenaline (epinephrine) may be expressed as 1:1000 or 1:10 000 or 1:100 000. This means that in a 1:1000 adrenaline ampoule there is one part adrenaline to 1000 parts solution. To work out how many milligrams of adrenaline are present:

  • 1:1000 solution adrenaline
    = 1g adrenaline in 1000ml solution
    = 1000mg adrenaline per 1000ml solution
    = 1mg per ml
  • 1:10 000 solution adrenaline
    = 1g adrenaline in 10 000ml solution
    = 1000mg per 10 000ml
    = 1mg per 10ml which can also be expressed as 100mcg per ml
DOSIS ADRENALIN ANAK

DOSIS ADRENALIN ANAK

 

PATOFISIOLOGI REAKSI ANAFILAKSIS

PATOFISIOLOGI SYOK ANAFILAKSIS

PATOFISIOLOGI ANAFILAKSIS SYOK

Bila Bunda Boleh Memilih…

Anakku,…

Bila bunda boleh memilih
Apakah bunda berbadan langsing atau berbadan besar karena mengandungmu
… Maka bunda akan memilih mengandungmu…
Karena dalam mengandungmu bunda merasakan keajaiban dan kebesaran Allah

Sembilan bulan nak,… engkau hidup di perut bunda
Engkau ikut kemanapun bunda pergi
Engkau ikut merasakan ketika jantung bunda berdetak karena kebahagiaan
Engkau menendang rahim bunda ketika engkau merasa tidak nyaman, karena bunda kecewa dan berurai air mata…

Anakku,…
Bila bunda boleh memilih apakah bunda harus operasi caesar, atau bunda harus berjuang melahirkanmu
Maka ibu memilih berjuang melahirkanmu
Karena menunggu dari jam ke jam, menit ke menit kelahiranmu
Adalah seperti menunggu antrian memasuki salah satu pintu surga
Karena kedahsyatan perjuanganmu untuk mencari jalan ke luar ke dunia sangat bunda rasakan
Dan saat itulah kebesaran Allah menyelimuti kita berdua
Malaikat tersenyum diantara peluh dan erangan rasa sakit,
Yang tak pernah bisa bunda ceritakan kepada siapapun

Dan ketika engkau hadir, tangismu memecah dunia
Saat itulah… saat paling membahagiakan
Segala sakit & derita sirna melihat dirimu yang merah,
Mendengarkan ayahmu mengumandangkan adzan meski lewat ponsel,
Kalimat syahadat kebesaran Allah dan penetapan hati tentang junjungan kita Rasulullah di telinga mungilmu

Anakku,…
Bila bunda boleh memilih apakah bunda berdada indah, atau harus bangun tengah malam untuk menyusuimu,
Maka bunda memilih menyusuimu,
Karena dengan menyusuimu bunda telah membekali hidupmu dengan tetesan-tetesan dan tegukan tegukan yang sangat berharga
Merasakan kehangatan bibir dan badanmu di dada bunda dalam kantuk bunda,
Adalah sebuah rasa luar biasa yang orang lain tidak bisa rasakan

Anakku,…
Bila bunda boleh memilih duduk berlama-lama di ruang praktek
Atau duduk di lantai menemanimu menempelkan puzzle
Maka bunda memilih bermain puzzle denganmu

Tetapi anakku…
Hidup memang pilihan…
Jika dengan pilihan bunda, engkau merasa sepi dan merana
Maka maafkanlah nak…
Maafkan bunda…
Maafkan bunda…
Percayalah nak, bunda sedang menyempurnakan puzzle kehidupan kita,
Agar tidak ada satu kepingpun bagian puzzle kehidupan kita yang hilang
Percayalah nak…
Sepi dan ranamu adalah sebagian duka bunda
Percayalah nak…
Engkau adalah selalu menjadi belahan nyawa bunda…

I love you, Son

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

inspired by Kumpulan Puisi Ratih Sang ^_^

Sistem Imun

Sistem Imun

Kekebalan manusia ada beberapa macam, yaitu

  • (1) INNATE IMMUNITY yaitu kekebalan alami/bawaan;
  • (2) ADAPTIVE IMMUNITY yaitu kekebalan yang didapatkan dengan berjalannya waktu baik dari hasil intervensi maupun karena pernah mengalami infeksi itu sendiri
  • (3) TRANSIENT IMMUNITY, kekebalan ibu yang disalurkan ke janin ketika  masih di dalam kandungan.

Naah INNATE IMMUNITY itu ada yang sifatnya penghalang seperti kulit kita, makanya begitu kulit terluka jadilah itu pintu masuk infeksi; ada juga yang sifatnya membunuh mikroba melalui komponen yang namanya sel fagosit, sel “natural killer” dan “complement system”.

Sel Fagosit

The granulocytes often take the first stand during an infection. They attack any invaders in large numbers, and “eat” until they die

The macrophages (“big eaters”) are slower to respond to invaders than the granulocytes, but they are larger, live longer, and have far greater capacities

The dendritic cells are “eater” cells and devour intruders, like the granulocytes and the macrophages. And like the macrophages, the dendritic cells help with the activation of the rest of the immune system. They are also capable of filtering body fluids to clear them of foreign organisms and particles.

Naah si INNATE IMMUNITY ini sifatnya sepanjang waktu, tetapi sayangnya TIDAK ANTIGEN SPESIFIK dan TIDAK ADA MEMORI. Lalu kan ada yang namanya ADAPTIVE IMMUNITY, naah ADAPTIVE IMMUNITY ini dipicu oleh sel yang namanya limfosit dan produk-produknya, dan limfosit itu bagian dari sel darah putih.

ADAPTIVE IMMUNITY ini beraksi ketika mikroba dan antek-anteknya yaitu para ANTIGEN, mampu menembus masuk pertahanan luar tubuh dan masuk kedalam organ-organ limfoid, dan limfosit itu memberi sinyal untuk ADAPTIVE IMMUNITY beraksi terhadap ANTIGEN yang dia kenali. Naah yang namanya tamu tak diundang, tentunya kan cara mereka berangasan, ada yang bawa golok, celurit, dan teman-temannya… Tentunya si limfosit tidak tinggal diam, punya juga doonk senjata untuk melawan tamu tak diundang, maka diutuslah yang namanya ANTIBODI. Eeng ing eeng… ANTIBODI yang pertama kali diluncurkan itu namanya IgM, spesialis perlawanan untuk serangan fase akut, IgM ini pendekar spesial bertangan 10, mampu meringkus 10 ANTIGEN. Truss pendekar selanjutnya yang diluncurkan jika gerombolan pencoleng masih sanggup bertahan melewati fase akut, maka meluncurlah ANTIBODI yang berikutnya, namanya IgG. Si IgG ini hanya punya 2 tangan, tapi saktinya nggak ketulungan dan mampu meladeni jurus-jurus pencoleng berhari-hari….. Selain itu juga ada pasukan IgA, IgD dan IgE yang mempunyai fungsi dan peran masing-masing.

Limfosit- Sel T dan Sel B

Reseptor di permukaan cocok/pas hanya dengan antigen tertentu (spesifik)

Sistem limfatik di tubuh kita

 

Untuk mengetahui apa itu reseptor, coba bayangin tangan kita yang hanya bisa mengambil barang tertentu. Bayangkan tangan kita hanya dapat mengambil apel. Kita akan menjadi juara dalam lomba mengambil apel-tetapi kita tidak mampu mengambil barang yang lain..

Nah para ANTIBODI itu dalam menjalankan tugasnya melibatkan yang namanya limfosit B dan seringkali membutuhkan bantuan dari sel T.

Oom/Tante sering nonton filem-filem action ndaak? itu yang pada pake FBI dan CIA, nah yang namanya sel T itu fungsinya kurang lebih sebagai informan laah. Ndak usa jauh-jauh filem holiwood, itu dalam filem the Raid, oom Iko Uwais Cs kan langsung maen serbu aja kan ke sarangnya oom Rae Sahetapy. Akibatnya kan banyak kawannya berguguran, termasuk Sersan Jaka si pimpinan regu. Maka dari itu sangat disarankan Oom Iko Uwais Cs menggunakan jasa informan. Naah T sel inilah yang selalu siap sedia memberikan informasi siapa aja pencoleng yang harus dibasmi. Jadi T sel ini juga harus selalu di update, biar catatan informasinya terhadap jenis-jenis pencoleng, begal, bandit ANTIGEN itu tadi bisa diringkus. Caranya bagaimana? Yaa bisa aja sering – sering menerima tamu tak diundang itu tadi, jadinya para ANTIBODI itu bisa latihan perang. Tapi kan capek doonk kalo terus-terusan tempur lawan gerombolan begal. Cara yang mutahir kan dengan menangkap salah satu kawanan bandit, digebukin rame-rame biar mau kasih bocoran, siapa-siapa aja gerombolan bandit ANTIGEN itu tadi, atau kalo terpaksanya anggota bandit yg ditangkap itu mati karena melakukan perlawanan, kan setidaknya dapat informasi. ooh begini toh rupa dan kelengkapan si bandit. Jadinya informasi yang diberikan ke prajurit ANTIBODI akurat. Ndak lucuu kan kalo para pencoleng berangasan itu bawanya bazooka, Oom Iko Cs cuma dilengkapi golok, meskipun tidak ada yang meragukan ketrampilan dan ketangkasan Oom Iko Cs?

illustration

aktivasi Sel T helper oleh sel fagosit. Ketika sel T helper teraktivasi, sel T mulai membelah dan menghasilkan protein yang merangsang sel B dan sel T sebagai sel imun untuk beraksi.

Killer T cell

Sel T punya reseptor yang digunakan untuk mengenali sel sel yang ditemui. Jika sel tsb terinfeksi, akan dibunuh seketika..
Sel yang terinfeksi dapat dikenali karena sinyal kecil dari antigen dapat ditemukan pada permukaan ‘musuh’

B cells

disadur dari berbagai sumber, inspired by gesamun dan para tokoh hebat didalamnya, thx

Beauty and Hijab Class

hai hai…. sebelum puasa, iseng iseng jalan jalan ke toko kosmetik, ehh ada workshop yang diadain Wardah tentang cara make up dan cara make hijab… Emang si saya tidak fanatik ke merk tertentu, termasuk wardah ini. Tapi seneng aja kalo lihat si iconnya, Inneke Koesherawati..;D. Jadi hayuuk daftar deh seharga 75 ribu 🙂

Image

saat hari H, biasaaa, moloor…baru dimulai setelah sholat Ashar. Sesi pertama tentang beauty class, cara bermake up.. dengan layaknya seminar, round table discussion gitu, kita disediain kaca, palet buat cream2nya dan Alat make up besar buat bareng bareng.

yang pertama tentang PERAWATAN SEHARI HARI

intinya tentang gimana si mbersihin muka yang bener. Urutannya adalah

  1. pake Cleanser
  2. Sabun muka
  3. Toner

Taruh cleanser pada daerah leher, dagu, kedua pipi, hidung dan dahi. Ratakan dengan gerakan ke seluruh bagian muka. Lalu lakukan gerakan sbb :

  • Rotasi berjalan dengan tiga jari (jari manis, tengah dan telunjuk) dimulai dari dagu ke bawah telinga, meluncur ke sudut mulut, rotasi ke tengah telinga, meluncur ke cuping hidung, rotasi ke atas telinga, kembali lagi ke dagi. 3 kali ya pren ^^
  • Rotasi berjalan dengan tiga jari tadi dimulai dari dagu ke sudut mulut, ke cuping hidung, naik ke pangkal alis, dilanjutkan mengusap ke arah pelipis, kembali ke dagu sebanyak 3 kali. sesudah gerakan yang ketiga, dilanjutkan dengan gerakan mengusap sekitar mata, arah ke dalam sebanyak 3 kali
  • Rotasi berjalan dengan dua jari (jari tengah dan telunjuk) dari pangkal alis ke arah batas rambut, meluncur ke pangkal alis, rotasi ke arah samping. 3 kali jugaa
  • Usap dengan dua jari diantara kedua bibir, mengarah keluar secara bergantian (tangan kanan-kiri). 3 kali
  • effleurage (mengusap) pada daerah leher dengan telapak tangan mengarah ke atas. Sebanyak 3 kali. Untuk mengakhiri gerakan pembersihan lakukan gerakan mengusap rahang ke arah belakang telinga.
Image

urutan gambarnya dari atas ke bawah, dari sisi kiri dulu ya…

Pantes aja, para wanita bermake up lama bener ya.. lha wong saya biasanya kalo pake cleanser ditaruh di telapak tangan, digosok dengan telapak tangan satunya, usap deh di muka, langsung diangkat pake kapas…hahahhahahaha 😛

Oya setelah melakukan gerakan di atas, ketika mengangkat cleanser dengan kapas, gerakannya ke atas ( melawan arah rambut rambut halus di wajah, biar semua kotoran keangkat semua)

untuk PENYEGARAN/TONER

gunakan toner seusai jenis kulit ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas, caranya di puk puk (ditepuk tepuk) 🙂

lanjut ke MAKE UP WAJAH

apa si gunanya make up, kata si Wardah siii :

  • membuat penampilan secara keseluruhan lebih menarik
  • memperbaiki kekurangan pada wajah
  • menonjolkan bagian yang menarik dari wajah
  • meningkatkan rasa pede
  • membuat wajah lebih berseri
  • melindungi kulit dari sengatan sinar matahari

PRODUK MAKE UP YANG TEPAT

  1. Cleanser
  2. toner
  3. Moisturizer
  4. Foundation
  5. face powder atau two way cake
  6. eye brow
  7. eye shadow
  8. eye liner
  9. maskara
  10. lipstick
  11. blush on

Saat workshop kita diajari meminimalisir penggunaan peralatan make up, jadi kita menggunakan jari jari kita yang diciptakan oleh Allah untuk memoles2 make up tadi

  • jari telunjuk –> eye shadow bagian dalam (medial), warna muda
  • jari tengah –> eye shadow bagian luar (lateral), warna tua
  • jari manis –> untuk underbrow (highlight), warna paling terang (putih)
  • jari kelingking –> untuk meratakan pensil alis agar tampak natural
  • jari jempol –> untuk blush on, dengan gerakan memutar dari pelipis ke tulang pipi

sebelum melukis lukis wajah, pastinya wajah yang sudah dibersihkan tadi diberi pelembab dan alas bedak dan bedak 😀

Nah saat workshop yang paling susah adalah membentuk alis… jadi ada garis garis imaginer yang perlu di plotkan. dari cuping hidung ke sudut mata luar, yang melewati alis. Nah alis kita tidak boleh melebihi pertemuan garis imaginer tsb thd alis *bingung kan?!*. Kemudian kelengkungan alis, pangkal dan ujung alis harus sejajar.. Apalagi ya….?! karena alis saya sudah cukup tebal, jadi pelajaran ini asal lewat aja. Oya untuk alis yang tebal, pensil alis cukup dicoretkan ke sikat alis aja, nanti sikat alisnya yang diusapkan ke alis. Jadi kesannya natural, getooo :P. kata mbaknya, udah ga jaman alis nanggal sepisan yang segaris gitu, jadi cara ngusapin pensil alisnya, dengan cara di arsir, bukan digambar garis di alis…OKE ?

Image

entah salah atau tidak, yang penting narsis dulu 😛

kemudian penggunaan Eye liner, agar mata nampak lebih ekspresif. Pake eyeliner di garis mata. Untuk bagian bawah mata, mulai dari sudut luar mata ke arah sudut bagian dalam. Untuk bagian atas mata, tarik garis dari sudut dalam mata ke arah sudut luat mata. Nah, diatas eye liner gelap bagian bawah mata, lebih asyik diberi eyeliner warna putih…. seketika mata langsung mbelok, ekspresif….@__@

yang lain seperti lipstik, lipgloss, blush on sepertinya disesuaikan dengan warna baju or warna favoritmu. Intinya Pede si…:D

HIJAB CLASS

masuk ke sesi hijab class sambil perut makin krucuk krucuk, sembari menunggu adzan maghrib. 🙂

disini kita diajari berbagai mode hijab dari bahan kaos/spandeks dan chiffon… Intinya kreatifitas kita, mau di bulet bulet model apa, kalo kita pede, jadinya oke aja :D. eiiit, sesuaikan dengan kondisi juga ya.. banyak gaya shawl chiffon yang model melayang layang, merumbai rumbai, kalo punya krucil2, ditarik, beuuhhh hancur dah :D…

Image

segini dulu kali yaaa…..workshop ini diahiri dengan buka bersama, ambil voucher… trus aku cabut duluaan, biar bisa tarawih dengan keluarga…

make up and hijab tutorials

wassalam ^_____^

BREAST CRAWL

1. Dalam 30 menit pertama : stadium istirahat/diam dalam keadaan siaga (rest/quite alery stage). Bayi diam tidak bergerak. Sesekali matanya terbuka lebar melihat ibunya. Masa tenang yang istimewa ini merupakan penyesuaian peralihan dari keadaan dalam kandungan ke keadaan luar kandungan. Bonding (hubungan kasih sayang) ini merupakan dasar pertumbuhan bayi dalam suasana aman. Hal ini meningkatkan kepercayaan diri ibu terhadap kemampuan menyusui dan mendidik bayinya. Kepercayaan diri ayah pun menjadi bagian keberhasilan menyusui dan mendidik anak bersama-sama ibu. Langkah awal keluarga sakinah.

2. Antara 30-40 menit : Mengeluarkan suara, gerakan mulut seperti mau minum, mencium dan merasakan cairan ketuban yang ada di tangannya. Bau ini sama dengan bau cairan yang dikeluarkan payudara ibu. Bau dan rasa ini akan membimbing bayi untuk menemukan payudara dan puting susu ibu.

3. Mengeluarkan air liur : Saat menyadari bahwa ada makanan disekitarnya, bayi mulai mengeluarkan air liurnya

4. Bayi mulai bergerak kearah payudara. Areola  sebagai sasaran, dengan kaki menekan perut ibu. Ia menjilat-jilat kulit ibu, menghentak-hentakkan kepala ke dada ibu, menoleh kekanan dan kekiri, serta menyentuh dan meremas daerah puting susu dan sekitarnya dengan tangannya yang mungil. Hal ini memiliki maksud teknik memijat payudara yang dilakukan oleh si kecil. Subhanallah

5. Menemukan, menjilat, mengulum putting, membuka mulut lebar, dan melekat dengan baik.
a. Ayah didukung agar membantu ibu untuk mengenali tanda-tanda atau perilaku bayi sebelum menyusu. Hal ini dapat berlangsung beberapa menit atau satu jam, bahkan lebih. Dukungan ayah akan meningkatkan rasa percaya diri ibu. Biarkan bayi dalam posisi kulit bersentuhan dengan kulit ibunya setidaknya selama satu jam, walaupun ia telah berhasil menyusu pertama sebelum satu jam. Jika belum menemukan puting payudara ibunya dalam satu jam pertama, biarkan kulit bayi tetap bersentuhan dengan kulit ibunya sampai berhasil menyusu pertama.
b. Dianjurkan untuk memberikan kesempatan kontak kulit dengan kulit pada ibu yang melahirkan dengan tindakan, misalnya operasi Caesar.
c. Bayi dipisahkan dari ibu untuk ditimbang, diukur dan di cap setelah satu jam atau menyusu awal selesai. Prosedur yang invasive, misalkan suntikan vitamin K dan tetesan mata bayi dapat ditunda
d. Rawat gabung-ibu dan bayi dirawat dalam satu kamar. Selama 24 jam ibu-bayi tetap tidak dipisahkan dan bayi selalu dalam jangkauan ibu. Pemberian minuman pre-laktal (cairan yang diberikan sebelum ASI ‘keluar’) dihindarkan.

Segera setelah lahir, tengkurapkan bayi di dada ibu dengan kuit bayi melekat pada kulit ibu. Biarkan dalam posisi ini minimum 1 jam atau sampai menyusu awal selesai.

tidak ada ALASAN ambil darah, dimandikan, ditimbang, diukur tinggi sesaat setelah lahir!!! diharapkan di rumah bersalin nantinya TIDAK ADA Ruang bayi sehat, karena bayi tetap berada di dekat ibu, meski ibu dibersihkan, dipindahkan ke kamar pulih dan selama di ruang nifas. TETAP SKIN to SKIN CONTACT

Mother’s Right to Work, Mother’s Right to Motherhood

Sudah keluar peraturan pemerintah terbaru lhoo bagi para ibu, tenaga kesehatan dan penyelenggara fasilitas pelayanan kesehatan, tempat kerja dan saran umum. Mari kita tingkatkan kualitas hidup ibu dan Bayi dengan

  1. IMD-proses menyusui dimulai secepatnya
  2. ASI Eksklusif- Hanya ASI selama 6 bulan
  3. MPASI- makanan keluarga setelah 6 bulan
  4. ASI diteruskan sampai 2 tahun atau lebih