ASIOLOGI => ILMU TENTANG MENYUSUI (;))

hai ibu, bunda, mama, umi, mimi, emak, enyak…..!!!
kali ini saya ingin menulis dan merangkum pertanyaan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh bunda bunda yang lagi menyusui…. dan mencoba menjawab sebaik mungkin… semoga bermanfaat ^___^
EFEK MENYUSUI PADA NUTRISI BUNDA

1. Apakah menyusui berpengaruh terhadap status nutrisi bunda ?

Ya, dapat,, tergantung dari diet/makan si bunda. Energi, protein dan zat lain pada ASI berasal dari makanan bunda atau dari cadangan makanan bunda. Saat bunda tidak mendapat energi yang cukup pada makannya, terjadi berulang, pada saat hamil dan menyusui, hal itu dapat mengurangi cadangan energi dan nutrisi. Prosesnya disebut maternal depletion. Tetapi tubuh itu hebat, dia dapat adaptasi dan membantu melindungi bunda dari efek tersebut. Hal yang paling penting adalah Nafsu Makan…
Saat kehamilan dan terutama saat menyusui, nafsu makan sang bunda pada umumnya meningkat. Meningkatnya pemasukan makanan dalam tubuh membantu menyeimbangkan kebutuhan nutrisi saat hamil dan menyusui. Jadi makanan ekstra perlu diperhatikan saat hamil, menyusui atau bahkan saat merencanakan kehamilan. Karena terkadang ada budaya budaya tertentu yang membatasi ibu hamil dan menyusui untuk membatasi makanan si bunda. Extra food, must be made available to the mother.
2. Berapa banyak makanan ekstra tersebut diperlukan bagi bunda yang menyusui ?
Untuk mendukung proses laktasi dan menjaga kebutuhan bunda, kebanyakan bunda menyusui pada negara berkembang membutuhkan tambahan 500 kilokalori tiap harinya (meningkat 20-25% dari sebelum kehamilan). Bunda yang saat kehamilan berat badannya meningkat dengan pesat, membutuhkan kurang dari itu karena dapat menggunakan cadangan lemak tubuh dan cadangan lain yang tertimbun saat kehamilan. Proses menyusui juga membutuhkan air lebih banyak, jadi sangat penting bunda untuk minum banyak agar tidak haus.
3. Apakah terdapat pantangan makanan atau makanan yang wajib dimakan oleh bunda menyusui ?
Tidak. Tidak ada makanan spesifik yang harus dimakan atau dihindari oleh bunda menyusui, seperti yang banyak orang katakan. Pembatasan makan (harus makan ini, ga boleh ini) dapat berbahaya, karena mengurangi kemauan si bunda untuk memilih makanan yang seimbang atau mengecilkan hati bunda yang sedang menyusui. Konsumsi berbagai jenis dan macam makanan merupakan saran terbaik.
EFEK NUTRISI BUNDA PADA PROSES MENYUSUI

1. Dapatkah bunda yang malnutrisi (kekurangan nutrisi=gizi buruk) menghasilkan ASI yang cukup sehingga proses menyusuinya sukses ?

IYA. Bunda yang malnutrisi dapat menyusui anaknya seperti bunda yang tidak malnutrisi, eksklusif selama 6 bulan. Seringkali kita mendengar kalau ibu yang kurang gizi, kurus, maka ASInya juga tidak cukup. Meskipun malnutrisi dapat berefek pada kualitas ASInya.  Sedangkan jumlah ASI yang diproduksi paling banyak tergantung pada bagaimana seringnya bayi itu menyusu (menghisap puting untuk memperoleh ASI), dan seberapa efektif perlekatan mulut bayi pada payudara (latch on). Jika bunda memproduksi ASI kurang daripada yang bayi butuhkan, maka bayi akan merespon dengan menyusu lebih bersemangat, lebih sering, lebih lama pada setiap menyusui. Stimulasi ini meningkatkan produksi ASI lebih banyak.
Saat bunda malnutrisi menyusui anaknya, maka hal itu lebih aman, lebih mudah dan lebih murah dari pada memberikan makanan tambahan pada bayi kurang dari 6 bulan, yang akan berisiko buruk pada bayinya
2. Dapatkan produksi ASI lebih banyak kalau bunda makannya juga banyak ?
Beberapa penelitian menyatakan hal itu dapat. Pada penelitian dilakukan pemberian suplemen makanan pada ibu menyusui yang malnutrisi. Hasilnya terdapat peningkatan sedikit pada penghisapan ASI oleh si bayi. Penelitian di Indonesia, suplementasi pada ibu saat kehamilan menunjukkan perbaikan pertumbuhan bayi, dan meningkatkan produksi ASI.
Jadi meskipun malnutrisi pada ibu bukan masalah penting untuk memberikan ASI, tapi memberikan makanan lebih, bernutrisi pada ibu malnutrisi saat kehamilan dan/atau menyusui dapat membantu meningkatkan produksi ASI serta dapat memperbaiki status nutrisi ibu sendiri,sehingga berguna dalam mengurus diri dan keluarganya
3. Apakah bunda menyusui perlu konsumsi ekstra vitamin dan mineral ?
hal itu tergantung dengan pola makan si bunda. ASI kaya dengan vitamin, mineral yang digunakan untuk menjaga kesehatan bayi dan mendukung tumbuh kembangnya. Jika pola makan bunda kacau, jumlah mikronutrisi pada ASI akan berkurang atau kesehatan bunda akan terganggu. Jadi penting untuk memperhatikan asupan mikronutrien bunda. Jika pola makan yang bervariasi sulit diterapkan, makan ekstra suplemen perlu ditambahkan
Advertisements

Puasa Ramadhan dan Ibu Menyusui

Sebelum kita membahas tentang puasa…yuk kita bahas dulu tentang fungsi makanan…
Pada prinsipnya :..“Lactation will not produce a drain on the mother if the amount of energy utilised and the requirement of any given nutrient is replaced in the diet.” (dr.Ruth Lawrence). Seorang bunda harus berusaha keras makan makanan yang bernutrisi optimum untuk menjaga kesehatannya.
Kebutuhan nutrisi
 SARAN :
  • minum minuman seperti jus, sup, susu atau air putih saat bunda haus. Sebaiknya minum cukup, 1 gelas jus, susu atau air putih setiap kali menyusui bayi anda
  • Sebaiknya tidak menjalankan diet saat anda menyusui, tetapi anda dapat membatasi makanan yang mengandung tinggi lemak dan gula
  • Kalsium merupakan mineral yang penting untuk ibu menyusui. Susu kedelai merupakan salah satu contoh sumber kalsium yang baik. Jika bunda tidak menyukai bentuk dari susu, tambahkan keju, sumber kalsium lain, telur, makaroni. Sumber kalsium lain dari makanan antara lain : kacang kacangan, brokoli, almond, sardin dan ikan salmon.
DIET IBU MENYUSUI :
  1. Makan berbagai macam makanan sesuai dengan piramida makanan
  2. Makan buah dan sayur lebih banyak
  3. Makan makanan yang mengandung zat besi
  4. Makan makanan yang tinggi kalsium
  5. Banyak minum air
LALU BAGAIMANA DENGAN IBU MENYUSUI YANG MENJALANKAN PUASA ?
Pada intinya menjalankan puasa ramadhan, si ibu tetap makan, hanya saja ditunda. Karena saat puasa ramadhan, para umat muslim tidak makan dan minum selama 12 jam lebih, mulai dari terbitnya matahari sampai dengan terbenamnya matahari (sahur-buka).
Lalu jika ibu menyusui berpuasa, apakah berpengaruh terhadap komposisi ASI nya ? apakah berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayinya ? Apakah ASI akan berkurang ?
Penelitian telah banyak dilakukan, dengan mengambil sampel ASI dari ibu yang menyusui ekslusif berpuasa dibanding dengan ASI ibu yang tidak berpuasa. Kemudian penelitian lain juga mengamati tumbuh kembang bayi yang disusui oleh ibu yang berpuasa vs yang tidak berpuasa dengan parameter tumbuh kembang tertentu.
Hasil dari penelitian tersebut antara lain sbb :
  • Tidak ada perbedaan yang signifikan pada komposisi nutrisi mayor pada ASI yang diambil saat dan setelah puasa ramadhan. Hanya ada komposisi yang meningkat atau menurun sedikit pada konsentrasi trigliserida dan kolesterol pada akhir dari Ramadhan, tetapi hasilnya juga tidak signifikan
  • Terdapat perbedaan secara signifikan pada kadar mikronutrisi pada ASI ibu yang berpuasa, seperti kadar zinc, magnesium dan potasium.
  • Parameter pertumbuhan bayi yang diberikan ASI eksklusif ibu yang berpuasa dibanding yang tidak berpuasa menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada komposisi lemak total, protein, laktosa, lemak jenuh, lemak tidak jenuh, trigliserida dan jumlah kolesterol pada ASInya
Jadi dari berbagai penelitian menyimpulkan bahwa sebenarnya ibu yang menyusui secara eksklusif  dan berpuasa, tidak memiliki efek yang bermakna pada komposisi ASInya dan tumbuh kembang bayinya… tetapi ada penelitian yang menyebutkan tentang status nutrisi pada ibu menyusui sangat berpengaruh akibat puasa ramadhan. Semua nutrisi yang dimakan saat Ramadhan menurun (kecuali vitamin A, E dan C)… Karena alasan ini, mungkin terdapat toleransi bagi ibu yang menyusui eksklusif untuk tidak berpuasa ramadhan….
Semua tergantung pada bunda, jika pede, yakin –> penelitian menunjukkan it’s OK untuk bayi dan ASI nya
Tetapi jika tidak kuat, memang ibu menyusui sangat mudah lapar, stress, lemas, hal itu akan berefek terhadap aliran ASI… jadi hutang dulu puasanya…
TIPS untuk Ibu menyusui yang Berpuasa
  • Jangan sampai tidak sahur
  • Fokus pada kualitas jangan kuantitas, makan makanan terbaik untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan
  • Minum yang banyak. Hindari kafein, soft drinks, teh. Kafein akan menyerap mineral yang tubuh anda butuhkan saat puasa serta hal itu akan membuat bayi mudah bangun dan rewel
  • Makan makanan yang cukup karbohidrat dan tinggi serat.
  • jangan lupa buah dan sayur
  • suplemen apabila dibutuhkan
  • Susui bayi anda secara teratur atau pompa Asi anda secara teratur

have a healthy and meaningful puasa……….

Stimulus si kecil yuuuuk ^^

Stimulasi pada anak usia dini, amat sangat diperlukan. Karena masa masa 0-6 tahun ini adalah masa masa Emas. Stimulasi melalui pancaindera akan membuat neuron neuron di otak menjadi aktif, menghantarkan sinyal sinyal listrik, sedangkan bila anak kurang distimulasi, maka sinaps akan mati/gundul karena kurang mendapat rangsangan. Jika dilakukan MRI otak pada anak yang distimulasi dan yang tidak, akan terdapat perbedaan yang mencolok, selebihnya baca disini.

Nah ini terjadi dengan anakku… Anakku memiliki kecerdasan yang lebih di musik (kecerdasan musikal).. Jadi saya selalu tertarik menstimulus dia dari kecerdasan yang menonjol, karena Subhanallah, anak usia dini itu, cepeet bgt nangkapnyaa… secepat kilat :P*lebay*. Tetapi kecerdasan yang lain tetap harus distimulus lhoo ya.. MUSIK, CERITA dan PERMAINAN adalah metode efektif untuk stimulus anak usia dini. Jadi yuuk rangsang kecerdasan putra putri anda dari  9 kecerdasan berikut, dan temukan mana yang menonjol :

1. Kecerdasan musikal

Kecerdasan ini ditunjukkan anak mudah sekali mengikuti dan mengingat lagu. Cara melatihnya adalah dengan mendengarkan musik dan bernyanyi. Mengajarkan anak menyanyikan lagu-lagu sederhana sesuai usia mereka. Melakukan pekerjaan dengan bernyanyi, misalnya saat mandi dan bangun pagi.

 2. Kecerdasan Intrapersonal

Berkaitan dengan kemampuan daya tahan, untuk tidak mudah down, gigih berusaha, tidak minder. misalnya ketika  mengikuti perlombaan, tampil depan umum. Cara melatihnya adalah mengajarkan anak untuk terbiasa berada dalam sebuah kelompok dan berinteraksi dengan teman – teman sebayanya.

3.Kecerdasan interpersonal (sosial)

Adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak beradaptasi, bekerjasama, berelasi dengan lingkungan teman sebaya dan orang di sekitarnya. Cara melatihnya adalah dengan memberi kesempatan si kecil sering ditemani untuk bergaul bersama teman – teman sebaya, bermain dan berkomunikasi pada anak- anak seusianya.

4. Kecerdasan visual spasial

Adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan memahami pandang ruang. Yakni anak mampu membedakan posisi dan letak serta membayangkan ruang, Di kanan, kiri, atas, bawah, depan, belakang dan samping.

Cara melatihnya adalah setiap melakukan kegiatan yang berhubungan dengan posisi atau ruang hendaknya orang tua selalu sambil menyebutkan, misal : Tolong dong, adik letakkan bukunya di atas meja, atau tolong kakak ambilkan buku yang jatuh di bawah meja. Sebutkan lokasi ruang, ajarkan si kecil melipat, menggunting, membalik dan menggambar.

 5. Kecerdasan natural (alam)

Anak diperkenalkan dengan lingkungan hidup selain manusia , yaitu binatang, tumbuhan dan beraneka suasana alam, misalnya sesekali ajak anak memberi makan pada ikan atau ke kebun binatang, mengunjungi taman flora dan bermain di alam terbuka.

6. Kecerdasan kinestetik tubuh

Anak memiliki kemampuan untuk melakukan kegiatan yang melibatkan tubuh misalkan gerakan tubuh saat berdoa,  menggambar, melompat, berlari dan olahraga yang menggerakkan tubuh, menari, senam dan sebagainya. Cara melatihnnya ajak anak untuk latihan mencoret dan menggambar garis, lingkaran, melakukan gerakan senam dan menari.

7. Kecerdasan moral

Yaitu kepekaan anak untuk meresap kepatuhan dalam berperilaku yang baik, misalnya tahu mengucapkan terimakasih, maaf, permisi dan membedakan perbuatan baik dan buruk, bisa menahan diri untuk tidak melakukan pelanggaran terhadap tata cara kesopanan.  Caranya adalah melatih dalam kelompok bermain dan melakukan peraturan peraturan dalam permainan, ajarkan anak patuh dan memahami aturan sederhana misalnya bermain petak umpet.

 8. Kecerdasan verbal linguistik

Anak dapat berbicara dan menceritakan suatu kejadian yang dilihatnya dengan mudah, terangkai dengan baik dan kronologis kejadian tidak melompat lompat. Cara melatihnya adalah sejak dalam kandungan dan setelah lahir anak sering diajak bercakap cakap, berbicara dengan orangtua, teman sepermainan, menceritakan dongeng dan menyanyikan lagu anak – anak.

9. Kecerdasan logika matematika

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan anak untuk memahami persoalan dan memecahkan teori sederhana yang berkaitan dengan angka. Cara melatihnya adalah mengajarkan anak mengelompokkan mainan yang dimiliki, menghitung buah buahan dan membagikan makanan kecil dan menyebutkan jumlah yang diberikan, mengelompokkan benda mainan seperti dadu berwarna, mainan berbentuk buah dan bunga.(sumber : kompas)

 

Nah sekarang kembali lagi ke topik… saat Farren belum genap usia 3 tahun, saya sudah rajin mengajak si kecil ke TPA dekat rumah. Tapi karena anaknya juga seperti setrikaan, kadang mau duduk ngaji, kadang ndak, dan lebih sering si ngusilin temen temennya.. Rasanya susaaah banget ngajarin satu huruf hijaiyah. Ternyata eh ternyata, menginjak usia 3 tahun di akhir Mei kemarin…wuzzzzz rasanya si neuron diotak itu lagi kenceng kencengnya menyampaikan sinyal sinyal listrik. Di ajarin apaaa, cepet banget nangkep… nah kesempatan, aku untuk stimulus otaknya dengan huruf huruf hijaiyah… Pada suatu waktu aku lihat CD seri Preschool, judulnya Mengaji Yuk! karena ga boleh dicoba, ya udah deh… Bismillah, ntar di rumah aja

Image

Mengaji Yuk-Timmy Pippo

Isinya lagu lagu tentang huruf hijaiyah dari A sampai Ya…. kemudian lagunya dikelompokkan, misal a, ba,ta, tsa; kemudian lagu kedua ja, ha, kho… Lagunya ngebeat, disertai huruf yang warna warni dan pemandangan alam kartun gitu… Hampir tiap hari diputer deh CD ini…. lagunya juga enak misal nih ya

A seperti galah, Ba titik di bawah…Ta dua titiknya… Tsa tiga titiknya dst

Titik diperut JA, titiknya hilang HA, Titik di atas KHO, kini kita tahu…:) dst

 

Sangat membantu sekali, tidak sampai 3 minggu si Farren sudah hapal huruf hijaiyah.. bukan hanya lagunya, saat mengaji pun (sehari satu halaman iqro’) beeuuhh lancaar jaaayaaa…. Bangga bisa menjadi guru ngaji pertama Farren.. Meski ngaji di TPA dekat rumah, dia sebelum berangkat belajar di rumah dulu dengan Bunda dengan cara yang asyiikk… Yaeyalaahh, bunda yang udah hapal lagu di CD itu :D… kalo lupa lupa sedikit, tinggal nyanyi….^____^

Image

buku mengajinya farren (iqro’)

Sekarang Farren sudah mau EBTA iqro’ 1…Alhamdulillah, ga sampai 3 minggu padahal belajar mulai awal :). dan tidak hanya itu, di sela sela bermain, kalo dia lihat buku ngajinya, selalu minta..”Bunda, ngaji yukk!”. Wihiiiiyyy, bisa baca berhalaman halaman dengan lancar. Jadi yuuk terapkan belajar dengan bermain sesuai kesukaan si kecil. Kalo suka seru seru, bisa kok bikin huruf hijaiyah dengan sistem card, terus maen maen di lantai… hayuuuukkk cariin bunda huruf sperti ini (A misal)…suka suka bunda^^

Semoga putra putri kita jadi anak shaleh dan shalehah dan kita menjadi bunda yang bisa jadi guru terbaik buat si kecil….:)

Pijat si dedek yuuk…

HAI HAI BUNDA…
Pernahkan bunda bunda sekalian dipijat ? pasti lebih rileks kan? Yup.. begitu juga si adek bayi. Banyak sekali artikel artikel yang membahas tentang manfaat pijat bayi baik bagi bayi maupun bagi si orang tua.
 
Buat si bayi/anak :
·        Tidur lebih teratur
·        sistem Pencernaan lebih baik
·        Berat Badan naik
·        Anak lebih tenang dan merasa aman
·        Sistem kekebalan meningkat
·        Proses bonding lancar
·        Proses pengalaman dari hari ke hari optimal
Buat orang tua/si pemijat :
·        Percaya diri dan self esteem meningkat
·        Kejadian depresi post partum menurun
·        Peningkatan produksi ASI (bunda)
·        Proses bonding lancer
·        Memperbaiki ‘sense’ – lebih mengerti apa yang dimau si bayi atau anak
Lalu bagaimana ayah bunda sekalian memijat putra putri anda? Tanpa menggunakan minyak, atau pakai bedak, lotion, minyak telon, minyak goreng, atau minyak tanah…hohoho *sadis* ???
Ada penelitian di school of Medicine di Miami yang meneliti tentang kegunaan pijat bayi menggunakan minyak akan menurunkan perilaku stress, lebih rileks, dan menunjukkan penurunan secara signifikan kadar hormon kortisol-hormon stress dan meningkatkan aktivitas vagal  DIBANDING bayi yang dipijat tanpa menggunakan minyak.
Beberapa penilaian dinilai sebelum dan setelah pijat bayi. Penilaiannya termasuk tonus vagal (indicator aktivitas syaraf parasimpatis), EKG, dan sampel saliva untuk menunjukkan kadar kortisol serta videotaped untuk merekam gerak tangan dan kaki, ekspresi wajah bayi dsb.
Jadi pijat dengan menggunakan minyak dapat mengurangi gesekan antara pemijat dengan bayi, dengan minyak proses pemijatan juga lebih smooth, ritmik, sehingga bayi juga merasa lebih nyaman, aman, dan menikmati banget deh.
Peningkatan tonus vagal karena pijat bayi ini membuat kadar enzim penyerapan gastrin dan insulin naik sehingga penyerapan terhadap sari makanan pun menjadi lebih baik
Banyak sekali penelitian yang dilakukan tentang manfaat pijat bayi ini, antara lain :
Rene Spitz, dokter anak dan psikiater dari Amerika, melaporkan, bayi yang banyak memperoleh senthan, khususnya dari ibu, akan jarang mengalami simpton hospitalimus (gangguan seperti di radang telinga tengah, campak, gangguan usus,dll)
Pengamat T.Field seperti dikutip dr. J. David Hull, ahli virologi molekuler dari Inggris, dalam makalah berjudul Touch Therapy : Science Confirms Instinct, menyebutkan terapi pijat 30 menit per hari bisa mengurangi depresi dan kecemasan. Tidurnyapun bertambah tenang.
Terapi pijat 15 menit selama enam minggu pada bayi 1-3 bulan juga akan meningkatkan kesiagaan (alertness) dan tangisnya berkurang. Ini akan diikuti peningkatan berat badan, perbaiki kondisi psikis, berkurangnya kadar hormon stress, dan bertambahnya kadar serotonin.
Sudahkah ayah bunda memijat bayi sendiri secara rutin menggunakan minyak ? ^___^
LOVING TOUCH BRINGS THE BEST IN BABIES